DIY: Tutorial Jahit Tempat Pensil (Pencil Case With Zipper)


Hello Beautiful Crafters!!

Selamat tahun baru! Bagaimana liburan akhir tahunnya? Pasti seru ya. Kalau saya liburan kali ini hanya dirumah saja karena cuti tahunan sudah minus bukan habis tapi minus dan kantor tempat bekerja tidak pernah memberi libur panjang di akhir tahun. Tapi liburan saya dirumah tidak kalah seru, karena saya menyelesaikan beberapa project yang sempat tertunda. Kali ini saya membuat tempat pensil untuk suami. Sudah di request dari berbulan-bulan lalu, katanya butuh tempat pensil untuk bawa spidol ketika mengajar.
Sebenarnya agak susah juga mencari model yang sesuai untuk pria, karena biasanya tempat pensil kan dibawa oleh wanita dengan model dan motif yang lucu-lucu. Tetapi akhirnya saya memutuskan membeli bahan kanvas polos berwarna putih tulang (harusnya sih warna hitam biar gak cepat kotor ya). Penasaran bagaimana cara membuatnya? Yuk simak tutorial dibawah ini.



  • Alat dan Bahan:

Alat & Bahan

- Bahan kanvas polos warna putih tulang (Boleh diganti yang motif atau warna lain)
- Resleting/Zipper ukuran 20cm (ukuran dapat disesuaikan sesuai kebutuhan)
- Benang mesin jahit sesuai warna bahan
- Label handmade (optional)
- Setrika
- Kain lining/Kain keras (optional)
- Penggaris atau meteran jahit
- Kapur jahit
- Transfer Paper


  • Cara Membuat:
1. Tentukan ukuran tempat pensil yang akan dibuat. Ukur kain kanvas polos sesuai dengan keinginan. Saya pakai ukuran 21cm x 20cm (tetapi hasil akhirnya akan sangat kecil tempat pensilnya). Kemudian gunting kain kanvas tersebut.
Ukuran Kain (21cm x 20cm)

2. Siapkan kain keras viselin untuk lining, kamu juga bisa pakai kain furing biasa atau tidak pakai lining juga gak masalah, asalkan bahannya sudah cukup tebal. Karena saya pakain kain viselin jadi saya setrika kain viselin dibagian dalam kain kanvas. Kainnya akan menempel setelah terkena panas. Kemudian rapihkan pinggiran kain 
3. Obras / jahit zigzag pinggiran kain agar benang tidak keluar. Karena saya tidak punya mesin obras, jadi saya pakai jahit zigzag.
Jahit Zigzag Pinggiran Kain

4. Jahit resleting 2 sisi kain kanvas. Gunakan sepatu untuk jahit resleting untuk memudahkan. Saya pakai resleting besi yang biasa untuk bahan jeans, kalian bisa pakai resleting yang plastik tapi jangan yang resleting jepang ya kurang pas.
Jahit menggunakan sepatu jahit resleting

Hasil jahitan menggunakan sepatu jahit resleting

5. Setelah resleting terpasang, posisikan resleting tepat ditengah. Kemudian jahit pinggiran kain. Saya sarankan pakai jarum nomor 100 jika bahan yang digunakan agak tebal. Kamu bisa menambahkan label di salah satu sisinya.

Jahit kedua sisi


6. Jahit 4 sisi bagian bawah tempat pensil membentuk segitiga. Masing-masing jaraknya harus sama ya. 
Ukur sisi saya buat jarak sekitar 2,5cm. Lalu beri tanda
Buat bentuk segitiga dari tanda yang sudah dibuat

Jahit tepat pada garis

7. Balik sisi yang dijahit jadi dibagian dalam. 
Setelah dibalik

8. Saya menambahkan tulisan di tempat pensil menggunakan transfer paper. Saya buat tulisan di laptop menggunakan Ms.Word. Kemudian saya print di transfer paper, lalu saya pasang di tempat pensil. Tutorial lengkap menggunakan transfer paper akan saya buat terpisah.
Make it special

Hasil akhirnya seperti diatas. Ukurannya terlalu kecil sih, karena resleting yang saya beli kurang panjang. Kalau mau buat model seperti ini bagusnya pakai resleting ukuran 30cm. Tapi Alhamdulillah, muat kalau hanya untuk tempat spidol hehehe. 
Sekian project kali ini. Maaf kalau tutorialnya kurang detail. Lain kali buat video aja apa ya. Kalau ada yang kurang jelas silahkan tanyakan melalui komen ya, InsyaAllah dibales atau lewat media sosial saya lainnya. Happy crafting beautiful ladiesSee you on next project!!






No comments

Silahkan komen dibawah untuk sharing mengenai sewing & crafting, pertanyaan dan ingin berdiskusi mengenai project menjahit. Terimakasih sudah berkomentar dengan bahasa yang sopan. Maaf komen berisi backlink tidak saya tampilkan.